Sabtu, 19 Juli 2008

Tanpa Asap Rokok

Bukan kamu yang menghisap rokok,
Rokoklah yang menghisap kamu

PENDAHULUAN

Survei membuktikan bahwa setiap batang rokok yang diisap perokok akan memperpendek umur harapan hidup sejumlah 30 menit. Jadi dapat dibayangkan dan dihitung secara matematis, kalau seseorang menghisap rokok 40 batang sehari berarti dia sudah kehilangan usia 20 jam dalam umur hidupnya. Kalau hal ini dibiarkan, berarti umur harapan hidup seorang perokok akan semakin berkurang. Namun ironisnya, jumlah perokok setiap tahun mengalami peningkatan, demikian juga dengan penyakit akibat merokok turut mengalami pertambahan. Oleh karena itu, marilah kita berusaha untuk mengurangi pengaruh rokok terhadap kesehatan sekaligus dapat mengurangi pertambahan perokok.

PENGARUH ROKOK

Pengaruh rokok bagi tubuh dapat dijelaskan sebagai berikut. Kalau sebatang rokok dihabiskan dalam sepuluh kali isapan rokok maka dalam tempo setahun bagi perokok sejumlah 20 batang (1 bungkus) perhari akan mengalami 70.000 kali isapan asap rokok. Disamping itu, beberapa zat kimia dalam rokok yang berbahaya bagi kesehatan khususnya nikotin bersifat jumulatif (ditimbun), suatu saat dosis racunnya akan mencapai titik toksis (keracunan) sehingga mulai kelihatan gejala yang ditimbulkan.

Bahan-bahan kimia rokok ada yang bersifat iritasi di mulut, hidung, tenggorokan masuk ke dalam darah dan disebarkan ke seluruh tubuh. Ada juga bahan kimia rokok yang masuk ke dalam air liur dan ditelan masuk ke dalam alat pencernaan, diserap serta masuk lagi ke dalam darah dan tersebar kembali ke seluruh tubuh. Sehingga penyakit yang paling sering terjadi akibat merokok adalah jantung koroner, pembentukan kanker paru-paru, penyakit saluran pernafasan, tekanan darah menjadi naik dan lain sebagainya. Di samping itu, bagi wanita perokok khususnya wanita hamil, ini akan berpengaruh cukup serius dalam anak yang dikandung, baik secara fisik maupun intelektualnya.

Jadi sudah jelas, merokok menimbulkan banyak gangguan pada seluruh bagian tubuh dan mengganggu jaringan-jaringan tubuh mulai dari ujung rambut di kepala sampai ke ujung jari di kaki.

KAMPANYE PENCEGAHAN WABAH ROKOK

Organisasi kesehatan dunia atau WHO (World Health Organization) mengkategorikan merokok sebagai suatu wabah penyakit yang mengganggu kesehatan manusia. Alasannya adalah bahaya yang ditimbulkan oleh rokok cukup mengancam penduduk dunia termasuk Indonesia.

Data pada tahun 1989 menunjukkan bahwa kematian akibat merokok ada sekitar 3.000.000 orang. Pada tahun 2025 diperkirakan ada 10.000.000 orang meninggal setiap tahunnya. Ini akan terus bertambah bahkan tidak menutup kemungkinan untuk menjadi kelipatan. Gambaran keprihatinan terhadap kematian inilah yang menggugah perlunya mengambil langkah-langkah pencegahan yang efektif.

1. Pendidikan kesehatan.

a.. Usaha mencegah bukan hanya diperlukan supaya seseorang tidak menjadi perokok melainkan juga usaha mencegah diperlukan bagi seseorang yang telah berhenti merokok agar tidak merokok lagi. Usaha mencegah dilakukan dengan menjelaskan bahaya merokok bagi kesehatan termasuk pengaruh merokok pasif. Usaha pendidikan kesehatan dalam masalah merokok perlu dikaitkan dengan kerugian material dan psikis akibat merokok maupun penggunaan tembakau yang lain. Penyampaian informasi tentang merokok dan kesehatan dapat dilakukan melalui sekolah, lembaga atau kelompok masyarakat dan media massa termasuk brosur perlu diintensifkan dengan kombinasi cara-cara berkomunikasi yang lain.
2. Melalui peraturan dan anjuran.
a.. Asap rokok dari perokok bukan hanya mengganggu perokok (perokok aktif) tetapi juga mengganggu orang lain di sekitarnya (perokok pasif). Oleh karena itu diperlukan larangan merokok, alasannya adalah :

- mengurangi atau menghindarkan perokok aktif.
- menggalakkan keluarga dan anak-anak untuk berhenti merokok.
- memperluas penyuluhan gerakan tidak merokok (termasuk gerakan PINTAR).
- memperkenalkan partisipasi masyarakat terhadap gerakan tidak merokok.

3. Komitmen diri

a.. Mungkin hal ini adalah kunci utama untuk dapat lepas dari merokok. Komitmen diri harus disertai dengan :

- Membuang faktor-faktor pemicu atau tingkah yang memicu merokok seperti ketegangan jiwa dan keadaan pergaulan serta pesta-pesta dengan para perokok lainnya. Cegahlah dari krisis-krisis pribadi.
- Carilah dukungan mental dan emosional dari diri anda sendiri dan orang lain. Secara mental persiapkan diri anda untuk berhenti merokok karena ini sangat menentukan langkah anda selanjutnya. Jangan lupa berdoalah Tuhan pasti memberi kekuatan.

MANFAAT-MANFAAT

1. Manfaat jangka pendek

a.. anda dengan cepat akan sanggup bernapas lebih mudah dan mampu berolahraga jauh lebih lama dan lebih keras dari waktu-waktu yang lalu.
b.. Napas, pakaian, rambut bahkan benda-benda yang anda miliki tidak akan berbau rokok.
c.. Gigi gerigi dan gusi anda akan menjadi jauh lebih sehat dan segar.
2. Manfaat jangka panjang
a.. Akan ada perubahan yang dramatis pada peluang-peluang anda untuk mencapai dan menikmati usia pensiun dengan sukacita.
b.. Resiko mendapatkan serangan jantung dan penyakit akut lainnya akan lenyap dengan cepat setelah anda berhenti merokok.

Untuk itu anda harus pikirkan, siapkan dan tentukan bagi diri sendiri untuk berhenti merokok. Dan tetaplah berhenti! Jika anda kuat untuk berhenti, anda pasti cukup kuat pula untuk tetap berhenti merokok, Maka pada akhirnya anda akan bangga pada diri sendiri karena anda telah berhenti merokok. Selamat mencoba! Berhentilah merokok karena tubuhmu adalah bait Allah.






MEROKOK ITU BAHAYA BROO.........!!!!!

Tidak ada komentar: